Monday, 8 May 2017

Rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp)
Satuan pendidikan      : Sekolah dasar  negeri 8 lhokseumawe
Kelas/semester            : IV/II
Mata pelajarana           : Sejarah kebudayaan islam (SKI)
Alokasi waktu             :2 x 60 menit
Jumlah pertemuan       :2 kali
Materi ajar                   :a.kesabaran Rasulullah atas perlakuan bani tsaqif
Metode belajar            : a. metode ceramah
                                      b. metode Tanya jawab
                                      c. diskusi

A. Standar Kompetensi
3.         memahami hijrah Nabi Muhammad Saw ke thaif
B. Kompetensi Dasar
            3.3        kesabaran Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa hijrah ke thoif
C. Indikator
1.      Anak-anak harus menyakini tidak semua tujuan yang baik akan mendapat sambutan yang baik di masyarakat.
2.      Anak-anak harus menyetujui bahwa semua perbuatan kasar,.buruk tidak harus dibalas dengan perilaku yang kasar.
D. Tujuan
1.      Pertemuan 1
a.       Siswa dapat memahami dan malakukan perilaku yang terpuji dan menjahui yang tidak baik
2.      Pertemuan 2
a.       Siswa dapat berprilaku yang baik yang berguna bagi masyarakat


E. kegiatan pembelajaran
A.    pendahuluan ( 10 menit )
·         guru member salam
·         siswa menyiapkan dan member salam
·         guru menyuruh membaca doa dan siswa membacakan doa sebelum belajar
·         guru mengabsen kehadiran siswa
·         guru menanyakan kabar siswa
·         guru menjelaskan secara singkat materi apa yang akan di ajarkan
B.     Kegiatan inti ( 40 menit )
·         Guru menjelaskan materi
·         Guru member contoh-contoh yang yanta atau kongkrit
·         Guru menjelaskan dalam  kegiatan sehari-hari
C.     Kegiatan akhir
·         Guru menyimpulkan pembelajaran
·         Guru berinteraksi dengan siswa/ Tanya jawab
·         Guru menyimpulkan sekali lagi dan bersama-sama menutup pelajaran
·         Dan guru menyurus siswa siap dan membaca doa sebelum pulang
F. Penilain
·         Penilaian dilakukan pada saat siswa mendegarkan dan pada saat siswa ditayai atau bertanya kepada guru dan siswa di nilai juga dalam pemahaman tentang materi.


No comments:

Post a Comment