Rencana
pelaksanaan pembelajaran (rpp)
Satuan
pendidikan : Sekolah dasar negeri
8 lhokseumawe
Kelas/semester : IV/II
Mata
pelajarana : Sejarah kebudayaan
islam (SKI)
Alokasi
waktu :2 x 60 menit
Jumlah
pertemuan :2 kali
Materi
ajar :a.kesabaran Rasulullah
atas perlakuan bani tsaqif
Metode
belajar : a. metode ceramah
b. metode Tanya jawab
c. diskusi
A. Standar Kompetensi
3. memahami hijrah Nabi Muhammad Saw ke
thaif
B. Kompetensi Dasar
3.3 kesabaran Nabi Muhammad Saw dalam peristiwa
hijrah ke thoif
C. Indikator
1. Anak-anak
harus menyakini tidak semua tujuan yang baik akan mendapat sambutan yang baik
di masyarakat.
2. Anak-anak
harus menyetujui bahwa semua perbuatan kasar,.buruk tidak harus dibalas dengan
perilaku yang kasar.
D. Tujuan
1.
Pertemuan 1
a. Siswa
dapat memahami dan malakukan perilaku yang terpuji dan menjahui yang tidak baik
2.
Pertemuan 2
a. Siswa
dapat berprilaku yang baik yang berguna bagi masyarakat
E. kegiatan
pembelajaran
A.
pendahuluan ( 10 menit )
·
guru member salam
·
siswa menyiapkan dan member salam
·
guru menyuruh membaca doa dan siswa
membacakan doa sebelum belajar
·
guru mengabsen kehadiran siswa
·
guru menanyakan kabar siswa
·
guru menjelaskan secara singkat materi
apa yang akan di ajarkan
B.
Kegiatan inti ( 40 menit )
·
Guru menjelaskan materi
·
Guru member contoh-contoh yang yanta
atau kongkrit
·
Guru menjelaskan dalam kegiatan sehari-hari
C.
Kegiatan akhir
·
Guru menyimpulkan pembelajaran
·
Guru berinteraksi dengan siswa/ Tanya
jawab
·
Guru menyimpulkan sekali lagi dan
bersama-sama menutup pelajaran
·
Dan guru menyurus siswa siap dan membaca
doa sebelum pulang
F. Penilain
·
Penilaian dilakukan pada saat siswa
mendegarkan dan pada saat siswa ditayai atau bertanya kepada guru dan siswa di
nilai juga dalam pemahaman tentang materi.
No comments:
Post a Comment