Wednesday 19 October 2016

ilmu pengetahuan konterporer

ILMU PENGETAHUAN PADA ZAMAN KONTERPORER
A.Ilmu pengetahuan pada zaman kontemporer
1. Pengertian ilmu  pengetahuan zaman kontemporer
                Ilmu pengetahuan adalah zat yang mutlak dan tidak terhingga jumlahnya. Manusia dan mahkluk hidup tercipta berdampingan dengan ilmu pengetahuan. Dari mulai lahirnya mahkluk pertama hingga teknologi termutakhir pada saat ini, itu semua adalah ciptaan Allah.
                Perkembangan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari perkembangan zaman dari masa ke masa. Dari ada menjadi tidak ada, dari masa ke masa mahkluk hidup mengalami perubahan secara sengaja hal tersebu adalah akibat perkembangan ilmu pengetahuan.
 Sebelum kita membahas tentang ilmu pengetahuan zaman kontemporer terlebih dulu kita tahu sejarah perkembangan ilmu sebelum zaman kontemporer yaitu:
Sejarah adalah ilmu yang tercipta dari perkembangan waktu tersebut, dengan ilmu sejarah itu manusia bisa dan tahu bahwa ada kehidupan lain sebelum mereka, Kita tahu bahwa ilmu pengetahuan sifatnya ialah tidak terhingga.
a.       Pada zaman pra yunani kuno (zaman purba)
Zaman ini terjadi pada empat juta tahun SM. Zaman yunani kuno terbagi menjadi tiga fase yaitu:
1.zaman batu tua
2.zaman batu muda
3.zaman logam
Dimana ketiga fase tersebut merupakan kehidupan yang bersifat primitif.
b.      Pada zaman yunani kuno
Zaman yunani kuno berlangsung dari abad 6 SM sampai dengan sekitar abad 6 M.
c.       Zaman pertengahan
Zaman pertengahan berlangsung dari abad 6 M sampai 14 M. Momentum perkembangan ilmu pengetahuan terjadi pada zaman pertengahan ini. Dimana pada zaman tersebut muncul seorang manusia yang menjabarkan dan menafsirkan ilmu pengetahuan ke dalam ilmu yang lebih spesifik.
Dimana terciptailmu dalam bidang geometri, astronomi, arimatika, musik, fisika, medis, psikologo, meteorologi, dan politik. Yang bernama AL Farabi.lalu Avicenna atau ibnu sina mahir dalam bidang medis atau kedoktoran.
d.      Zaman renaissance.
Berlangsung pada abad 14-17 M. Pada zaman ini manusia telah berkembang pesat menggunakan otaknya untuk menciptakan penemuan-penemuan.
e.      Zaman modern.
Zaman ini berlangsung dari abad 17-20 M. Dan semakin maju masa ke masa di ikuti semakin pesat perkembangan terhadap ilmu pengetahuan. Di zaman ini manusia telah menyandang istilah “modern” dengan kata lain manusia bisa menggunakan ilmu yang didapatkan untuk menciptakan sesuatu yang bermanfaat.
f.        Zaman terakir yaitu zaman kontemporer.

Zaman kontemporer adalah zaman yang berlangsung dari abad 20 M sampai sekarang dan masih berlangsung. Di zaman yang sedang berlangsung ini sudah kita liat sendiri betapa hebatnya perkembangan ilmu pengetahuan yang berhasil diolah oleh otak manusia dan menjadi sesuatu yang benar-benar tidak manusia pikirkan puluhan ribu tahun yang lalu.
Pada zaman ini perkembangan ilmu pengetahuan sangatah pesat, masing-masing ilmu mengembangkan dan berbagai penemuan yang di ciptakan silih berganti. Sehingga kalau di ukur dari jangka waktu yang pendek, maka bagaikan laksana sebuah ledakan.
Jadi zaman kontemporer merupakan era tahun-tahun yang kita jalani hingga saat ini. Hal ini yang membedakan pengamatan tentang ilmu di zaman modern dengan zaman kontemporer.
Perbedaannya yaitu zaman modern adalah era perkembangan ilmu yang berawal sejak abad 15, sedangkan zaman kontemporer memfokuskan sorotnya pada berbagai perkembangan terakhir yang terjadi hingga saat ini.[1]
               
2. Kemajuan ilmu pada zaman kontemporer.
                Perkembangan ilmu pada zaman kontemporer berarti menggambarkan aplikasi ilmu dan teknologi dalam berbagai sector dalam kehidupan manusia. Inilah salah satu karakteristik utama ilmu di zaman kontemporer yang dalam kerangka umumnya sekaligus menjadi persamaan sifat perkembangan ilmu zaman kontemporer. Hal ini tidak saja di lapangan ilmu eksakta, tapi juga ilmu-ilmu sosial dan keagamaan.
                Pada zaman purba, manusia prasejarah tercatat mempunyai benih ilmu di bidang astronomi, tulisan, hitungan lalu pada zaman modern diindentikkan dengan masa renaissance sebagai masa bangkit dari kegelapan. Dan pada masa kontemporer sangat identik dengan inovasi-inovasi teknologi di berbagai bidang.[2]
                Di zaman kontemporer hampir seluruh bidang ilmu dan teknologi, seperti sosialogi, antropologi, psikologi, dan politik, serta ilmu-ilmu ekstra seperti fisika, kimia,dan biologi, dan di bidang teknologi.
Adapun contoh perkembangan ilmu kontemporer yaitu:
a.       Ilmu sosial
Yaitu bagaimana hubungan antara struktur sosial yang ada dalam suatu masyarakat dengan mengorgaisasikan dan perwujudan symbol-simbol, sehingga perbedaan-perbedaan yang tampak diantara struktur-struktur sosial yang ada dalam masyarakan tersebut hanyalah bersifat kontemporer.
b.      Teknologi rekayasa genetika
Salah satu bentuk perkembangan ilmu zaman kontemporer yang sangat masyhur adalah di bidang rekayasa genetika berupa teknologi.





c.       Teknologi informasi
Komputer telah mengubah wajah peradaban barat modern secara dratis sejak 80-an. Pada awalnya, komputer dikenal sebagai “otak elektronik” yang mampu melakukan bermacam-macam kegiatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.[3]
               

3. revolusi ilmu pada maza kontemporer
                Perkembangan ilmu dari masa pra yunani kuno sampai saat ini banyak mengalami perubahan, hal ini didorong oleh rasa keinggin tahuan manusia terhadap hal-hal baru. Adapun contoh dari revolusi ilmu tersebut dapat dilihat di bawah ini:
a.       Revolusi astronomi
Dulu orang hanya mengetahui lima planet di cakrawala. Dengan laju pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka ditemukan kembali tiga planet baru dan ribuan planet kecil lainnya.
b.      Revolusi fisika
Berawal dari hukum gerak dan grafitasi yang di bawa oleh newton, dan penemuan listrik dan magnetisme oleh faraday, ohm, dan lain- selama awal abat ke 19. Studi ini mengarah pada penyatuan dari dua fenomena menjadi satu teori elektromagnetisme, oleh maxwell (dikenal sebagai persamaan maxwell). Dan masih banyak lagi.[4]
c.       Revolusi industri.
Yang di mulai dengan pembuatan mesin uap di tahun 1789, memberikan percepatan yang begitu besar terhadap perubahan prinsip-prinsip produksi dari pemanfaatan tenaga hewan/manusia ke tenaga mesin.
d.      Revolusi semikonduktor.
Dimulai dengan rekayasa transistor di tahun 1947. Revolusi ini dapat juga digunakan sebagai revolusi elektronik.
e.      Revolusi fotografi
Awal mula dari revolusi ini dimulai pada tahun 1988. Revolusi ini mengubah total mekanisme fotografi dan menenggelamkan penggunaan film emulsi dan kertas foto.

4. implikasi revolusi ilmu bagi perkembangan ilmu.
                Perkembangan ilmu hingga saat ini tidak lepas dari dampak revolusi ilmu. Revolusi yang telah terjadi tidak berdampak pada suatu lokasi tertentu, tetapi telah berakibat untuk masyarakat luas diseluruh penjuru dunia ini. Dengan ini melahirkan teknologi-teknologi yang memudahkan manusia, dan meningkatkan kehidupan manusia.
                Dari konsekuensi kemajuan teknologi, ada pula dampak negatifnya. Menurut thoyibi (1997:60) dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang ada, akan mendorong bertumbuhnya jiwa arogansi ilmiah yang akan menghancurkan manusia itu sendiri.







[1] .Amsel Bakhtiar, filsafar ilmu, (jakarta:PT Raja Grafindo persada, 2011), hlm. 68

[2] .suraji, filsafat ilmu dan perkembangan di indonesia, (jakarta: PT Bumi Aksan, 2007), hlm 87-90
[3] .burhanuddin salam, sejarah filsafat ilmu dan teknologi, (jakarta:rineka cipta, 2004), hlm 43-45
[4] .amsal bakhtiar, filsafat ilmu, hlm 75-77

No comments:

Post a Comment